Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai menggelar Operasi Lilin 2022, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum tersebut.

"Kami siagakan 200 orang personel, yang merupakan gabungan dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, pihak Syahbandar, Dinas Peternakan, Dinas Pariwisata, BPBD, Pemadam Kebakaran, serta dukungan Basarnas dan PLN 'stay on call'. Operasi Lilin dimulai hari ini (Jumat, 23/12)," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, di Gorontalo, Jumat.

Operasi Lilin 2022 akan berlangsung selama 11 hari atau hingga 2 Januari 2023.

"Kami pun berharap dukungan masyarakat dalam kegiatan peningkatan pengamanan ini, dengan ikut memperkuat sistem keamanan lingkungan di 123 desa tersebar di 11 kecamatan," katanya.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin tersebut, telah dilakukan di halaman Mapolres setempat, dipimpin Dandim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Czi Adityo Bangun Pratomo, selaku inspektur upacara.

Pengecekan kesiapan personel, maupun sarana dan prasarana pendukung telah dilakukan. "Kita pastikan optimalisasi pengamanan Natal dan Tahun Baru khususnya di lintas Sulawesi ini," kata dia.

Pengamanan juga terfokus di 94 gereja tersebar di 11 kecamatan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan umat Nasrani dalam ibadah natal.

Sejumlah 147 personel disiagakan di tempat-tempat ibadah, sejak malam Natal.

Termasuk menyiapkan 2 pos pengamanan di Kecamatan Gentuma dan Tolinggula, serta 1 pos pelayanan di simpang tiga Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

Juga pos pelayanan di Pelabuhan Kwandang dan objek wisata Pantai Minanga, di Kecamatan Atinggola.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022