Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, bagi masyarakat penerima program Rumah Layak Huni di tahun 2016, akan langsung terpasang listrik gratis.

"Jadi tahun 2016 ini, sejumlah rumah layak huni secara perlahan akan berubah menjadi rumah sehat," kata Gubernur belum lama ini.

Kenapa dikatakan rumah sehat, Gubernur menambahkan bahwa bagi penerima rumah layak huni, selain akan terpasang listrik gratis, pemerintah juga akan menyediakan jamban.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaam Masyarakat dan Pembangunan Daerah Tertinggal (BPM-PDT) Slamet Bakri menjelaskan, terkait dengan penyambungan listrik gratis di setiap rumah layak huni, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan Pertambangan Energi Provinsi Gorontalo, untuk pemasangan listrik gratis tersebut.

"Saya sudah meminta untuk dialokasikan 1.000 unit bantuan pemasangan listrik gratis, untuk masyarakat yang mendapat program itu," kata Slamet.

Untuk 2016, Gubernur telah mengupayakan melalui APBD ada sekitar 750 unit rumah layak huni, sementara 250 unit nanti akan dialokasikan melalui APBD-P 2016, sehingga total 1.000 unit.

"Dengan sebaran lokasi untuk Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo, jadi semua wilayah akan dapat bantuan sesuai dengan aspirasi masyarakat," ujar Slamet.

Saat ini pihaknya terus melakukan verifikasi bantuan rumah layak huni baik yang disampaikan lewat aspirasi DPRD maupun yang diusulkan lewat pemerintah Desa.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016