Kantor Imigrasi UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo menggelar layanan paspor simpatik dengan membuka pelayanan bagi masyarakat di hari libur di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Gorontalo, Anak Agung Gede Kusuma Putra di Gorontalo, mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin membuat paspor.

"Program ini merupakan bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan juga dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi tahun 2023," ucap Agung.

Ia menjelaskan, layanan paspor simpatik dibuka pada hari Sabtu dan Ahad, selama dua jam setiap hari, dengan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang ingin membuat paspor.

Kemudahan yang didapatkan pada layanan itu, kata Agung, masyarakat tidak diwajibkan untuk menggunakan aplikasi M Paspor, dan bisa langsung datang ke kantor untuk mengurus permohonan dengan melengkapi data yang dibutuhkan.

"Langsung datang ke Kantor Imigrasi dan langsung akan kami layani penerbitan paspor," ujar Agung.

Ia menambahkan, pada bulan Januari 2023 ini, banyak masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor untuk keperluan ibadah Umrah, dibandingkan untuk liburan atau sekolah.

Sementara itu, salah seorang warga yang membuat paspor pada layanan paspor simpatik itu, Syarif Saman, mengaku mengapresiasi dan sangat terbantu.

"Alhamdulillah, kami merasa sangat terbantu ada pelayanan seperti ini di hari libur seperti ini, ini juga antrean nya tidak terlalu panjang, Alhamdulillah," kata dia.*
Sejumlah petugas melayani warga yang mengajukan permohonan pembuatan paspor di kantor Imigrasi, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (7/1/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023