Tiga kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo,  menggelar tes tulis 'Computer Assisted Test (CAT) bagi pelamar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

"Tiga kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo, masih menggelar tes tulis CAT karena melakukan masa perpanjangan mengingat ada desa/kelurahan yang pendaftarnya tidak memenuhi kuota. Minimal dua kali dari keperluan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, di Gorontalo, Senin.

Masing-masing wilayah tersebut, yaitu Kota Gorontalo, Bone Bolango dan Gorontalo Utara. Sementara wilayah lainnya, yaitu Kabupaten Gorontalo, Pohuwato dan Boalemo, telah selesai menggelar tes tulis.

Ia mengatakan, usai tes tulis itu, direncanakan proses pelantikan anggota PPS akan digelar serentak pada 24 Januari 2023.

"Kita berharap, tahapan ini lancar hingga Badan Ad Hoc di tingkat desa yang akan dipimpin 3 orang anggota PPS untuk masing-masing desa/kelurahan, dapat ditempati oleh sumber daya manusia (SDM) berkualitas, profesional dan berintegritas tinggi," katanya.

Pelaksanaan tes tulis tersebut digelar di fasilitas memadai yang ada di setiap kabupaten dan kota, untuk memperlancar pelaksanaan.

"Kami melakukan pemantauan pada pelaksanaan yang menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten dan Kota," katanya.

Ketua KPU Gorontalo Utara, Munawir Ismail, mengatakan, tes tulis (CAT) calon anggota PPS di wilayah tersebut, diikuti sebanyak 1.001 orang peserta yang telah lulus seleksi administrasi.

Pelaksanaannya digelar selama dua hari atau sejak Senin (9/1) hingga Selasa (10/1), mengingat banyaknya jumlah peserta.

Lokasi pelaksanaan digelar di sekolah-sekolah yang memiliki laboratorium komputer, jaringan internet dan listrik yang memadai.

"Pelaksanaan di hari pertama ini berlangsung lancar tanpa kendala," katanya.***
Peserta tes tulis (CAT) rekrutmen anggota PPS untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 di Provinsi Gorontalo, diantaranya Kabupaten Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023