Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Gorontalo memberikan kursus Bahasa Inggris secara gratis kepada para pengemudi bentor dan mobil taksi di daerah tersebut.

Ketua HPI Provinsi Gorontalo Mukmin Badu, Minggu mengatakan kursus yang dibiayai oleh pihaknya itu bertujuan untuk membekali para pengemudi dengan keterampilan bahasa Inggris yang memadai, karena bersinggungan langsung dengan wisatawan asing yang datang ke daerah itu.

“Para pengemudi bentor dan mobil taksi ini merupakan bagian dari pariwisata, mereka menjual jasa kepada wisatawan sehingga keterampilan bahasa asing sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Peserta kursus 25 orang yang berasal dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango, yang akan mengikuti setiap seminggu sekali.

“Kami mendatangkan pengajar bahasa dari Universitas Negeri Gorontalo. Kursusnya akan dilakukan dengan metode yang lebih santai dan interaktif, agar peserta lebih semangat,” kata Mukmin yang juga pemilik Harry & Mimin Homestay itu.

Selain kursus bahasa, HPI juga membekali peserta dengan pengenalan dasar pemandu wisata agar para pengemudi bentor memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengapresiasi program HPI, dalam meningkatkan kapasitas pengemudi bentor.

Menurutnya program tersebut akan sangat membantu pemerintah, dalam mempromosikan wisata di daerah dan meningkatkan kualitas pelayanan di bidang pariwisata.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti kursus hingga tuntas, sehingga maksimal menerapkannya saat melayani wisatawan asing.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023