Gubernur Prefektur Ehime, Jepang, Tokihiro Nakamura menghibahkan empat unit mobil ambulans kepada Pemerintah Provinsi (Pemrov) Gorontalo di Kota Gorontalo, Kamis.

Empat unit ambulans ini diserahkan secara simbolis kepada Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bertempat di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.

“Ini sangat sayang sekali jika dimusnahkan, untuk itu kami berpikir untuk diberikan kepada pihak yang membutuhkan," ucap Tokihiro dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan.

Tokihiro menjelaskan adanya regulasi yang mengatur pembatasan durasi penggunaan kenderaan bermotor di Jepang menyebabkan beberapa ambulans tidak bisa lagi digunakan meskipun masih layak pakai.



Sehingga, Gubernur Prefektur Ehime itu berharap hibah mobil ambulans tersebut dapat bermanfaat untuk membantu paramedis di Provinsi Gorontalo, serta dalam menanggulangi bencana.

"Agar kelihatan rapi dan bersih seperti mobil baru, Toyota sudah memoles semua ambulans sebelum dikirim. Dalam kesempatan ini kota dan desa memberikan dukungannya dengan memberikan empat ambulans seperti yang ada di foto ini," kata dia.

Empat unit mobil yang diserahkan ini berasal dari empat daerah yang ada di Ehime yakni Kota Seiyo, Kota Uwajima, Kota Ozu, dan Desa Kumakogen.

Pemberian ambulans itu juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara Prefektur Ehime dan Provinsi Gorontalo.

Selain memberikan hibah ambulans, Penjabat Gubernur Gorontalo dengan Gubernur Prefektur Ehime menandatangani nota kesepahaman kerja sama berbagai bidang.

Kerja sama tersebut meliputi manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan serta pendidikan dan pelatihan.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prefektur Ehime Jepang hibahkan ambulans ke Pemprov Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023