Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah warga di Kelurahaan Pulubala, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo memanfaatkan sampah rumah tangga terutama plastik bekas maupun kardus, guna didaur ulang ataupun dijual kembali.

Sampah rumah tangga tersebut diperoleh dengan mengambil sampah tersebut setiap harinya dari tempat pembuangan sampah warga di kota Gorontalo, dengan menggunakan motor roda tiga yang telah dilengkapi dengan bak terbuka.

Kisman Sunati, salah seorang warga yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Selayar yang mengelola tempat pengelolaan sampah 3R (reduse reuse recycly), Kamis mengatakan, setiap hari pagi dan siang ia bersama empat rekannya berkeliling untuk mencari sampah plastik dan dikumpulkan.

"Sampah yang kita temukan, kumpulkan terlebih dahulu lalu di pilah, antara sampah plastik bekas botol atau gelas minuman, sampah plastik peralatan atau perabot dan alat elektonik serta kardus," ungkap Kisman.

Kisman mengatakan, sejak tiga bulan kemarin ia bersama rekannya telah mengumpulkan sampah rumah tangga yang bisa didaur ulang dan dijual kembali ke penampungan sampah yang ada di kota Gorontalo.

Untuk sampah plastik bekas minuman ringan, harus dibersihkan terlebih dahulu agar nanti harga jualnya lebih tinggi, sama halnya seperti botol plastik, label yang ada harus dikeluarkan terlebih dahulu.

"Untuk harga plastik yang sudah dibersihkan, dihargai sebesar Rp4ribu/kilogram dan apabila belum dibersihkan dihargai Rp2ribu/kilogram," kata Kisman.

Kisman menambahkan, ia dan rekannya masih membutuhkan mesin pencacah plastik agar plastik yang dijual lebih bernilai tinggi, yaitu Rp15ribu per kilogram untuk plastik yang sudah bersih dan sudah dicacah dalam bentuk kecil.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016