Kementerian Agama (Kemenag) Gorontalo Utara, berhasil meraih KPPN Gorontalo's Award dari pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Provinsi Gorontalo.

"Ini hadiah awal tahun bagi kami. Juga menjadi semangat untuk bekerja optimal di sepanjang tahun 2023," kata Kepala Kantor Kemenag Gorontalo Utara, Yudin Moonti di Gorontalo, Kamis.

Pihaknya pun kata dia, berhasil meraih peringkat pertama satuan kerja (satker) dengan penyampaian pertanggungjawaban (LPJ) terbaik.

Selain itu juga peringkat ke tiga atas capaian IKPA terbaik kategori Satker Pagu Sedang Semester II Tahun Anggaran 2022, dengan nilai IKPA yang nyaris sempurna yaitu 99,71 atau sangat baik.

Sebelumnya,  kata Yudin, pihaknya juga berhasil meraih terbaik pertama Treasury Award 2022 se-Provinsi Gorontalo kategori unit akuntansi kuasa pengguna anggaran (UAKPA).

"Untuk penghargaan ini, berhasil kami raih selama dua tahun berturut-turut," katanya.

Penghargaan tersebut diterima Kasubag Tata Usaha, Sukri Mansyur, di aula kantor KPPN Gorontalo.

"Ini pencapaian yang sangat luar biasa bagi kami. Sebab berhasil memborong beberapa penghargaan sekaligus. Kita harus bersaing dengan 220 satker namun berhasil menggondol juara terbanyak," katanya.

Penghargaan tersebut, diharapkan terus mendorong pengelolaan keuangan negara oleh pihaknya, dengan optimal, tepat sasaran dan kelola.

Apalagi dalam kurun 2 tahun terakhir, Kemenag Gorontalo Utara, berhasil meraih terbaik satu di Tahun 2021 untuk Treasury Award se-Provinsi Gorontalo kategori UAKPA terbaik.

Capaian lainnya yaitu terbaik satu dalam rekonsiliasi UAKPA KPPN Gorontalo’s Award, terbaik 3 LPJ Bendahara KPPN Gorontalo’s Award dan terbaik 1 pelaporan keuangan, BMN dan persediaan tingkat kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Gorontalo.

Di tahun 2022, prestasi yang ditoreh adalah terbaik 2 capaian IKPA semester 1 untuk satker PAGU Sedang tingkat KPPN Gorontalo, terbaik 2 capaian Output semester 1 tingkat KPPN Gorontalo, terbaik pertama Treasury Award 2022 se-Provinsi Gorontalo, untuk kategori unit akuntansi kuasa pengguna anggaran (UAKPA).

Yudin mengatakan, prestasi ini tidak lepas dari kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama semua pihak, baik tim keuangan sub bagian tata usaha maupun para pengelola keuangan di masing-masing seksi serta seluruh pegawai yang ada.

Pencapaian tersebut, membuktikan bahwa tim Kemenag di kabupaten itu, memang selalu bersama, kompak, serta terus menunjukkan prestasi gemilang.

"Dengan sumber daya manusia (SDM), serta sarana prasarana yang sangat minim. Kami mampu membuktikan kinerja terbaik," katanya pula.

Apalagi kantor yang terletak di Desa Bulola Kecamatan Kwandang tersebut, minim jaringan internet akibat sering mengalami gangguan.

Padahal seluruh kegiatan dalam pengelolaan keuangan memerlukan jaringan internet memadai. "Namun kami tidak patah semangat," katanya lagi.

Ia berharap seluruh prestasi yang berhasil diraih dapat dipertahankan. Dan kinerja ditingkatkan, untuk pengelolaan keuangan terbaik.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023