Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengembangkan Ponelo Kepulauan menjadi Kecamatan Wisata.

"Kita berinovasi mewujudkan Kecamatan Wisata. Mengingat Ponelo Kepulauan merupakan kecamatan kepulauan satu-satunya yang memiliki potensi pariwisata paket lengkap," kata Kepala Disparbud Gorontalo Utara, Robin Daud, di Gorontalo, Selasa.

Pengembangan Kecamatan Wisata sesuai dengan konsep pengembangan pariwisata kepulauan di daerah ini.

Ditunjang dengan keberadaan destinasi wisata Pulau Saronde dan Pulau Mohinggito yang berada dalam satu kawasan kecamatan kepulauan tersebut.

Dampak ekonomi dari pengembangan wisata Pulau Saronde, tentu sangat diharapkan dirasakan langsung oleh wilayah Ponelo Kepulauan dan masyarakatnya.

Kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) dari kegiatan investasi di Pulau Saronde, melalui bagi hasil, pajak, retribusi, tentu akan diarahkan dalam memenuhi keperluan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan peningkatan infrastruktur penunjang, pengembangan Ponelo menjadi Kecamatan Wisata akan semakin mudah dan cepat.

Selain infrastruktur, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada masyarakat Ponelo Kepulauan.

Menurutnya pihaknya harus berinovasi menyiapkan sarana dan prasarana untuk menerima kunjungan wisata, seperti menciptakan hunian menjadi fasilitas penginapan memadai sejenis homestay. 

Penyiapan atraksi sebagai daya tarik bagi pengunjung, maupun kuliner khas Gorontalo.

"Kita melakukan pendampingan untuk mewujudkan daerah kepulauan menjadi Kecamatan Wisata sesuai impian masyarakat dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023