Hasil kerajinan warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIB UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo ikut memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo di kawasan wisata Pohon Cinta.

"Pada kegiatan ini Lapas Pohuwato memperkenalkan hasil karya dari para warga binaan pemasyarakatan," ucap Kepala sub seksi kegiatan kerja Fery Utiarahman di Gorontalo, Senin. 

Karya warga binaan yang dipamerkan diantaranya, lukisan berbahan sabut kelapa, pot bunga, kotak tisu, dan pernak-pernik serta hiasan lainnya.

"Kreatifitas ini kami sajikan untuk memeriahkan HUT pemerintahan SMS yang ke dua, sekaligus HUT Pohuwato yang ke-20 tahun ini," kata Fery saat memperkenalkan hasil karya warga binaan di wisata Pohon Cinta, Senin (20/02/2023).

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato, membekali kemahiran untuk mengolah sabut kelapa menjadi cocofiber, cocopeat hingga kerajinan tangan kepada warga binaan pemasyarakatan.

Lapas Pohuwato memberikan kesempatan yang cukup luas bagi warga binaan untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam memanfaatkan fasilitas sarana produksi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

Sementara itu saat mengunjungi gerai Lapas Kelas IIB Pohuwato Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau menyampaikan terima kasih kepada Kepala Lapas Pohuwato yang telah ikut serta memeriahkan pameran tersebut. 

"Atas nama pemerintah daerah mengucapkan, terima kasih kepada Kalapas Pohuwato Irman Jaya yang telah menampilkan kreatifitas dari warga binaan," ucap Sekda.

Menurutnya, pameran hasil karya warga binaan juga sangat penting untuk menginformasikan kepada masyarakat, bahwa warga binaan di Lapas Pohuwato itu bukan hanya menjalani hukuman, tetapi mereka juga dibekali dengan sejuta keterampilan," tandas nya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023