Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar evaluasi pengelolaan destinasi wisata Pantai Minanga, di Desa Kota Jin Utara, Kecamatan Atinggola.

"Kami inisiasi rapat evaluasi pengelolaan taman Pantai Minanga ini, yang sudah 2 tahun melakukan kerja sama dengan pihak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ota Lo Jin. Pak Sekretaris Daerah Suleman Lakoro, memimpin rapat evaluasi yang dihadiri pemangku kepentingan, khususnya masyarakat Atinggola, pemerintah desa, BPD, serta pengurus Bumdes," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, Robin H.Daud, di Gorontalo, Senin.

Evaluasi tersebut kata dia, sangat penting sebab menyangkut tata kelola destinasi wisata dalam upaya peningkatan pengunjung dan pendapatan asli daerah (PAD), mengingat kerja sama ini dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

"Kita akan menata Pantai Minanga menjadi lebih indah agar pengunjung banyak yang datang. Infrastruktur yang kurang, yang perlu dibenahi maupun ditambah, akan kita tingkatkan," katanya.

Evaluasi dilakukan dalam bentuk forum tanya jawab, untuk mencari langkah-langkah strategis dalam pengembangan objek wisata yang ada di pintu masuk Provinsi Gorontalo atau bagian timur kabupaten ini, berbatasan dengan Sulawesi Utara.

"Sehingga potensi peningkatan pengunjung sangat besar dan wajib dimanfaatkan," kata Robin.

Pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan optimistis kata dia, melalui pengelolaan dan pengembangan terfokus, Pantai Minanga yang dijuluki Pantai Kuta Gorontalo, dapat dikenal masyarakat Nusantara dan dunia, setelah Pulau Saronde.

"Kami berharap, partisipasi dan dukungan masyarakat khususnya Kecamatan Atinggola, dalam penataan Pantai Minanga agar menjadi kawasan pariwisata unggulan yang indah dan bersih," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023