Bupati Gorontalo Utara,Thariq Modanggu, mengajak umat Islam di daerah itu untuk segera menunaikan zakat fitrah.

Hal itu ia sampaikan pada kegiatan sholat tarawih berjamaah dalam silaturahim Ramadhan 1444 Hijriah/2023, yang digelar di Masjid Al Muhajirin, Desa Posso, Kecamatan Kwandang.

Menurutnya, zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Untuk daerah ini, pemerintah daerah telah menetapkan sebesar Rp30 ribu per jiwa.

Nilainya tidak besar. "Bahkan lebih murah dari harga pulsa paket data. Oleh karenanya, saya berharap kita semua umat Islam di daerah ini cepat-cepat menunaikannya sebelum lupa karena semakin tingginya kesibukan di akhir Ramadhan," kata Bupati Thariq.

Ia sendiri mengaku, telah menunaikan kewajiban tersebut sejak awal Ramadhan. Dengan harapan, menunaikan zakat di awal Ramadhan juga ikut dilakukan oleh seluruh umat Islam di daerah itu.

Zakat fitrah, kata Thariq, merupakan pembersih diri. Sehingga wajib ditunaikan tanpa tawar. "Saya berharap, kita semua atau umat Islam, cepat menunaikan zakat fitrah. Jangan lupa untuk menunaikannya melalui lembaga resmi pemerintah, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)," katanya.

Pihak Baznas Kabupaten telah menyiapkan unit pengumpul zakat (UPZ) di setiap desa, guna memudahkan masyarakat menunaikan kewajiban tersebut.

"Kita cepat tunaikan zakat fitrah, maupun zakat mal, infak dan sedekah, tentu penyalurannya pun cepat dilakukan dan oleh Baznas akan tepat sasaran," imbuhnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023