Ratusan pemudik dari berbagai wilayah  mulai memadati loket pembelian tiket kapal laut KM Sabuk Nusantara 76 di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Kamis, untuk tujuan Luwuk (Sulawesi Tengah) dan Ternate (Maluku Utara). 

Sintia, salah seorang pemudik ditemui di Pelabuhan Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengaku memilih membeli tiket dan berangkat lebih awal agar masih kebagian tiket kapal laut  sebelum Lebaran nanti.

"Saya dan teman-teman beli tiket hari ini agar bisa langsung naik ke kapal Sabuk Nusantara 76," ucap dia.

Ia menjelaskan, mudik  dua pekan sebelum hari raya dirasa tepat karena mengurangi risiko berdesak-desakan dengan penumpang lain.

"Kalau sejak jauh hari kita mudik, pasti tidak seramai jelang hari raya, sekarang saja penumpang mulai padat," ungkap Sintia yang akan berlayar menuju Luwuk, Sulawesi Tengah.

Hal serupa dikatakan Supratman, hampir setiap tahun ia selalu berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan pemudik di kapal laut.

"Saya kuliah di Gorontalo, jadi setiap tahun pulang ke kampung halaman, biar lancar saya pulang lebih awal," beber dia.

Walaupun masih terjadi antrean cukup panjang saat pembelian tiket secara manual di loket, ia mengaku senang masih kebagian tiket untuk pulang pada hari ini.

PT Pelindo Gorontalo mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan kapal laut, dari hari biasa 200 orang per hari menjadi 600 orang  sembilan hari jelang Idul Fitri 1444 Hijriah.
Sejumlah pemudik bersiap menaiki kapal Sabuk Nusantara 76 tujuan Luwuk di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (13/4/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023