Daftar Pemilih Sementara (DPS) Provinsi Gorontalo untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mencapai 884.744 tersebar di 6 kabupaten dan kota.

"Kami telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPS tingkat Provinsi Gorontalo untuk Pemilu 2024, bertempat di RPP Dulohupa KPU Provinsi Gorontalo," kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola di Gorontalo, Jumat.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem yang menyebut bahwa DPS agar menjadi perhatian bersama dari pemilu ke pemilu. Di samping itu, akan dikawal bersama sampai dengan tingkat desa/kelurahan untuk tingkatkan partisipasi dan kualitas partisipasi masyarakat di daerah ini.

Sophian Rahmola mengatakan bahwa data ini akan terus bergerak sampai penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada tanggal 21 Juni 2023.

"Kami sangat mendorong teman-teman pimpinan partai politik bisa mengecek data konstituen pada tingkat kelurahan sampai dengan data nama dan alamat atau by name by address," katanya.

Dalam rapat pleno tersebut, pihak KPU tidak menerima keberatan dan masukan. Hanya parpol mendorong pihak dinas catatan sipil untuk segera menuntaskan rekap dan cetak KTP elektronik se-Provinsi Gorontalo. Hal ini mengingat masih terdapat lebih dari 41.000 pemilih potensial non-KTP elektronik.

Setelah pleno tersebut, KPU akan menyampaikan berita acara rekapitulasi dan DPS dalam bentuk CD yang berisikan seluruh pemilih by name by address.

Kegiatan ini diikuti Bawaslu Provinsi Gorontalo, dinas kependudukan dan catatan sipil, PMD Provinsi Gorontalo, Kemenkum HAM, Polda Gorontalo, Korem 133 Nani Wartabone, Kesbangpol Provinsi Gorontalo, pimpinan partai politik, serta para ketua dan anggota divisi perencanaan data dan informasi KPU kabupaten/kota.

Rincian rekapitulasi jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Provinsi Gorontalo, yaitu Kabupaten Bone Bolango 123.133 pemilih, Kabupaten Gorontalo 301.287 pemilih, Boalemo 108.954, Pohuwato 111.891 pemilih, Gorontalo Utara 92.458, dan Kota Gorontalo 147.021 pemilih. Totalnya mencapai 884.744 tersebar di 3.538 tempat pemungutan suara (TPS).***
KPU Provinsi Gorontalo menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPS tingkat Provinsi Gorontalo untuk Pemilu 2024 di RPP Dulohupa, Jumat (14/4/2023). ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023