Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Deisy Sandra Maryana Datau, mengimbau para tokoh agama di daerah itu, untuk terus memperkuat ajakan menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Ajakan ini perlu terus kita sampaikan di ruang publik sebagai upaya menjaga perdamaian di seluruh wilayah NKRI, termasuk di kabupaten bagian utara Provinsi Gorontalo ini," kata Ketua DPRD, di Gorontalo, Sabtu.

Jelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, Ketua DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyebut, tokoh agama memiliki peran sangat besar dalam menyampaikan ajakan maupun imbauan menjaga kerukunan umat dan antar umat beragama. Apalagi momen tahun politik mulai mewarnai tahun ini hingga 2024 nanti.

Ia pun meminta agar pemerintah daerah dapat intensif memfasilitasi pelaksanaan rapat koordinasi Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) di daerah itu.

"Saya selaku Ketua DPRD, maupun lembaga ini, sangat berharap agar seluruh tokoh agama terus aktif mengajak dan menjaga ketenteraman masyarakat. Kita cegah dini masyarakat terbelah akibat isu SARA yang rentan terjadi," katanya.

Deisy menyebut, kerukunan antar umat beragama menjadi salah satu kunci terciptanya daerah aman dan makmur, termasuk damainya perayaan hari besar keagamaan, diantaranya lebaran Idul Fitri, maupun dalam suasana tahun politik menuju pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

Seluruh elemen bangsa, khususnya tokoh lintas agama, diharapkan mampu memberi pencerahan kepada masyarakat untuk terus saling menghargai serta menghormati antar pemeluk agama khususnya di daerah ini.

"Saya berharap, perayaan lebaran Idul Fitri hingga lebaran ketupat pada satu pekan setelahnya, dapat berlangsung aman, masyarakat saling mengunjungi dan bersilaturahmi. Kita pelihara perdamaian dan keamanan daerah yang sama-sama kita cintai ini," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023