Sejumlah warga Gorontalo yang berada di kota dan kabupaten di Provinsi Gorontalo mulai memasak berbagai menu makanan dan kudapan khas menjelang perayaan hari raya Idul Fitri di daerah itu.

Salah seorang warga di Kota Gorontalo, Wahyu Rahman, Jumat, mengatakan, ia dan keluarga mulai memasak ketupat untuk disantap bersama keluarga dan teman yang dirayakan pada Sabtu (22/4) besok.

"Mulai hari ini kami di rumah sudah mulai memasak. Dimulai dari membeli cangkang ketupat, bumbu dan bahan lainnya di pasar Jumat Telaga tadi," ucap Wahyu.

Ia menjelaskan, ketupat sudah menjadi menu wajib yang dihidangkan saat Lebaran di rumah, selain nasi putih dan juga burasa atau nasi yang direbus dan dibungkus dengan daun.

"Hari ini kami memasak hingga 100 cangkang ketupat, biasanya selain keluarga, teman dan tetangga datang untuk bersantap bersama di rumah," kata dia.

Hal serupa diungkapkan Indri, warga Kabupaten Gorontalo yang telah mulai memasak opor ayam untuk lauk utama pada Lebaran besok.

"Opor ayam selalu jadi makanan utama, memang ada menu lauk lainnya, tapi opor selalu jadi ciri khas Lebaran di rumah kami," ungkap Indri.

Makan bersama saat Lebaran menurut dia, selalu menjadi nuansa istimewa saat Idul Fitri.

"Keluarga berkumpul, silaturahmi dan saling memaafkan sebelum makan menjadi tradisi di keluarga kami setiap Idul Fitri," ujar dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023