Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menjadi penyelenggara tercepat se-Indonesia dalam pembersihan data 100 persen setelah daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam rapat koordinasi tindak lanjut data pascapenetapan hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) yang dilaksanakan di Denpasar saat ini,  Provinsi Gorontalo dinyatakan berhasil meraih prestasi tersebut," kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, di Gorontalo, Selasa.

KPU se-Provinsi Gorontalo, kata Sophian, mendapat apresiasi dari Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat atas capaian yang dikerjakan Divisi Data dan Informasi, terutama saat pemutakhiran data pemilih atau pencocokan dan penelitian (coklit), dan persiapan DPS. DPS, menurut Hasyim Asy'ari, diapresiasi publik karena terpublikasi luas dan pemilih dapat mengakses melalui cekdptonline.kpu.go.id.

Provinsi Gorontalo adalah provinsi pertama yang 100 persen bersih data ganda antarkabupaten dan kota seluruh Indonesia pascarekapitulasi DPS. Pada rapat koordinasi tersebut juga membahas tentang pembersihan data ganda antarprovinsi dan data ganda antarnegara di luar negeri.

Sophian mengungkapkan keberhasilan pembersihan data ganda ini merupakan andil dari Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) se-Provinsi Gorontalo, yang menjadi pendukung utama sistem KPU selama ini.

Rapat koordinasi yang digelar sejak 30 April tersebut, turut dihadiri anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat, August Mellaz, dan Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU, Bernad Dermawan Sutrisno, Kapusdatin Nur Wakit Aliyusron, anggota KPU Provinsi membidangi Divisi Data dan Informasi, ketua dan anggota KPU Provinsi Bali, anggota KPU kabupaten/kota yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin), serta Kasubbag Datin dan admin/operator sistem informasi data pemilih (sidalih) provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.
Para operator sidalih Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota se Gorontalo, pada rapat koordinasi tindak lanjut data pasca penetapan hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) di Denpasar, Bali, Selasa (2/5/2023). ANTARA/HO-KPU Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023