Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menerima bendera Kirab Pemilu 2024 yang dibawa oleh rombongan KPU Kota Gorontalo di Taman Budaya, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Anggota KPU Kabupaten Gorontalo, Rivon Umar usai menerima bendera mengatakan, Kirab Pemilu tahun 2024 merupakan agenda sosialisasi kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah tersebut.

"Pada Pemilu 14 Februari 2024 inilah bendera ataupun partai politik yang kemudian akan ikut pada proses pelaksanaan Pemilu serentak 2024," ucap Rivon.

Ia menjelaskan, ada 18 partai politik yang sudah ditetapkan dan akan berkompetisi pada pelaksanaan Pemilu serentak pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti.

"Jadi itu agenda daripada proses pelaksanaan Kirab Pemilu yang kami lakukan di menara atau Taman Budaya Kabupaten Gorontalo," kata dia, lagi.

Rivon mengatakan, melalui proses pelaksanaan kegiatan Kirab Pemilu, pihaknya ingin menyampaikan bahwa proses pelaksanaan Pemilu menjadi sarana integrasi bangsa.

"Pemilu itu sebagai pemersatu bangsa. Dalam proses pelaksanaan Pemilu ketika ada perbedaan pilihan, maka tentu itu tidak bisa kita jadikan sebagai perpecahan, ini kita jadikan sebagai pemersatu dan tentu hasilnya bisa di terima oleh seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Gorontalo," jelas dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menerima bendera Kirab Pemilu 2024 yang dibawa oleh rombongan KPU Sulawesi Utara melalui jalur darat di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem menyebut, kirab bendera Pemilu 2024 sebagai ajang sosialisasi untuk menyampaikan ada beberapa partai politik yang akan bertarung pada Pemilu serentak pada 14 Februari 2024. 

Sekaligus bertujuan untuk menyosialisasikan bahwa pemilu layaknya musyawarah besar rakyat Indonesia yang sudah seharusnya dijadikan sebagai sarana integritas bangsa, bukan sebagai sarana perpecahan.
 

Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 yang dibawa oleh mobil Kirab Pemilu di Taman Budaya, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (4/5/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023