Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Thariq Modanggu memberi perhatian yang besar pada olah raga catur di daerah itu agar semakin dikenal luas oleh masyarakat dan melahirkan bibit atlet baru. 

"Saya ingin lebih memasyarakatkan catur karena olahraga ini bagian dari mengasah ketangkasan otak. Dan semoga banyak bibit catur lahir di daerah ini," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Senin.

Ia telah membangun "Istana Catur" di Taman Rakyat atau Ruang Terbuka Hijau Molingkapoto di Kecamatan Kwandang, tepatnya di depan kantor bupati.

Saat ini pula, digelar pertandingan catur di anjungan pameran pembangunan yang digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-16 kabupaten tersebut.

Bupati Thariq yang juga menjabat selaku Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Gorontalo Utara mengaku bangga karena peminat catur di daerah itu cukup tinggi.

"Makanya, kami dorong supaya lebih berkembang dan semakin diminati para generasi muda di daerah ini," katanya.

Selain memasyarakatkan catur, ia pun berharap, turnamen yang digelar di ajang pameran pembangunan tersebut akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di sektor riil.

"Banyak yang datang bermain catur, pasti berbelanja pula produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di lokasi pameran," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Irwan Abudi Usman selaku penyelenggara turnamen mengatakan akan lebih intensif menggelar pertandingan catur di setiap kegiatan peringatan hari besar Nasional untuk menggali potensi peminat catur, khususnya generasi muda.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023