Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendukung upaya pemerintah kabupaten (pemkab) dalam meningkatkan pariwisata daerah. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi III DPRD, Mikdad Yeser, di Gorontalo, Senin.

Menurutnya, upaya membuka destinasi wisata baru seperti Bukit Dunu Ceria dilengkapi dengan atraksi olah raga Paralayang, merupakan kinerja yang nyata.

"Ini perlu didukung. Komisi III pun memberi apresiasi dan pasti ikut melakukan promosi dalam rangka memberi dukungan," kata pria yang juga menjabat Ketua Fraksi NasDem DPRD kabupaten ini.

Ia berharap, langkah maju itu dibarengi dengan upaya meningkatkan infrastruktur. Pemkab memiliki sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan mumpuni di bidang pariwisata melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Maka yang perlu dilakukan kata Mikdad, adalah mengalokasikan anggaran baik untuk membangun infrastruktur penunjang maupun melaksanakan promosi. Sebab promosi merupakan bagian penting dalam mengembangkan pariwisata.

"Jangan lupa untuk menggandeng investor. Mereka berpeluang membangun sarana prasarana yang diperlukan dengan cepat. Seperti fasilitas penginapan dan lainnya," katanya.

Mikdad yang setiap tahun menggelar kegiatan Ramadhan Fest sebuah kegiatan festival seni dan olah raga yang digelar menyemarakkan lebaran ketupat Idul Fitri, berpusat di Pantai Monano, juga menjadi salah satu pejabat publik yang dikenal antusias dan berkomitmen tinggi dalam meningkatkan pariwisata daerah. Sehingga ribuan pengunjung selalu membanjiri Pantai Monano setiap tahun.

"Kita gelar satu kegiatan saja seperti Ramadhan Fest, banyak dampak ekonomi yang dihasilkan. Khususnya di sektor riil yang menyentuh langsung para pelaku UMKM maupun sektor jasa yang ada di Kecamatan Monano. Saya berharap, ke depan, bisa berkolaborasi dengan baik, dalam mempromosikan wisata Pantai Monano dan wisata paralayang Bukit Dunu Ceria. Ini menjadi peluang bagi daerah untuk menghasilkan pundi pundi pendapatan asli daerah (PAD) yang sangat diandalkan," kata Mikdad.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023