Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Kamis, mengatakan dengan pencapaian itu, Pemkab Bone Bolango telah menorehkan opini wajar tanpa pengecualian  10 kali berturut-turut.

Menurut Hamim, kunci keberhasilan Kabupaten Bone Bolango dalam menyabet WTP 10 kali berturut-turut itu tidak lepas dari kerjasama serta kekompakan dari seluruh staf, Organisasi Perangkat Daerah, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami sadar semua itu adalah uang rakyat atau uang negara maka kami pun berkomitmen untuk mengelola dan menggunakannya dengan sebaiknya," ucap Hamim Pou.

Hamim menjelaskan, walaupun dalam kondisi keterbatasan anggaran, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango senantiasa fokus menggunakan anggaran daerah untuk meningkatkan layanan publik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Anggaran kita terbatas. Bahkan BPK pernah mengatakan anggaran perjalanan dinas di Bone Bolango rendah. Namun semua itu harus kami kelola dengan baik sehingga akan berdampak pada peningkatan layanan publik dan kesejahteraan rakyat," ungkap Hamim.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo, Ahmad Luthfi Rahmatullah menjelaskan pihaknya dalam melakukan pemeriksaan selalu menjunjung tinggi nilai integritas, indenpendensi, netralitas serta tidak ada intervensi politik yang mempengaruhi proses pemeriksaan.

"Saya ingatkan opini WTP ini bukanlah sebuah penghargaan, namun merupakan kewajiban Pemerintah Daerah dalam menyusun laporan keuangan,"pungkas nya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023