Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut 28 negara siap menghadiri peringatan Hari Kelapa Sedunia atau World Coconut Day 2023 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada bulan September nanti.

"Karena kegiatan ini berskala dunia, maka persiapan pelaksanaannya harus terus dimatangkan," ujar Nelson, di Gorontalo, Senin.

Menurut Bupati, kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan, seperti dari organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah pusat, International Coconut Community (ICC), perguruan tinggi serta panitia lokal dan pusat.

"Perlu menyiapkan dengan baik berbagi kegiatan yang ada. Kami akan terus persiapkan lokasi, dan semua kebutuhan penunjang suksesnya perhelatan dunia tersebut," kata Bupati.

Ia mengungkapkan, sesuai dengan data anggota yang tergabung dalam International Coconut Community, 28 negara siap untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mematangkan persiapan pelaksanaan Hari Kelapa Sedunia tahun 2023 yang rencananya akan digelar di Kecamatan Asparaga.

Bupati Gorontalo menjelaskan, kegiatan World Coconut Day Tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan manfaat kelapa baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Untuk meramaikan kegiatan tersebut, ICC bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan melaksanakan berbagai agenda.

Agenda itu, di antaranya lomba fotografi kelapa baik nasional maupun internasional, kuliner berbahan kelapa, pagelaran teknologi kelapa, lomba panjat kelapa, lomba penulisan artikel maupun jurnal kelapa, dan pemberian penghargaan bagi para pelaku usaha, pemerintahan yang punya perhatian pada kelapa, petani, dan lainnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati Gorontalo sebut 28 negara siap hadiri Hari Kelapa 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023