Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Fima Agustina mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gorontalo untuk mempromosikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Gorontalo, Senin.

Keinginan Fima tersebut diperkuat dengan dibuatnya surat edaran yang ditujukan untuk seluruh hotel dan restoran yang ada di kabupaten dan kota di daerah tersebut.

Salah satu poin dalam surat edaran tersebut adalah, semua hotel/vila diimbau untuk memajang bahan atau baju sulaman karawo pasangan (laki-laki dan perempuan) di area publik atau resepsionis.

Pemberian kue selamat datang berupa kue karawo atau sejenis gula gula soba (permen khas Gorontalo) kepada tamu deluxe room ke atas. Semua hotel/vila yang memberi fasilitas sarapan pagi menyiapkan menu milu siram (jagung) atau makanan lokal Gorontalo lainnya.

"Untuk welcome cake itu berupa kue dan jenis gula gula soba diantar ke kamar atau paling tidak disediakan di meja resepsionis. Serta jangan lupa memfasilitasi penempatan katalog/brosur Dekranasda pada setiap kamar hotel atau vila," ujar Fima.

Penjabat Ketua TPKK Provinsi Gorontalo itu juga berharap, dengan langkah tersebut dapat menjadi pertanda baik untuk peningkatan UMKM di Provinsi Gorontalo, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Alhamdulillah poin poin dalam surat edaran ini diterima dengan baik oleh PHRI. Juga akan ada beberapa usulan – usulan lain lagi yang akan menjadi tambahan pada surat edaran nanti," ujarnya.

Surat edaran itu juga berisi poin terkait semua tamu dari organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, diarahkan untuk berbelanja buah tangan atau oleh-oleh di galeri seni Dekranasda.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023