Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyerahkan sapi bantuan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jolowi) kepada pengurus Masjid Agung Baiturrahim, Kota Gorontalo, Kamis.

Penyerahan sapi kurban dilakukan usai pelaksanaan sholat Idul Adha di pelataran masjid.

"Bismillahirrahmanirrahim, saya menyerahkan bantuan kemasyarakatan dari Bapak Presiden berupa satu ekor sapi, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah kepada masyarakat di Kota Gorontalo," kata Gubernur.

Sapi kurban dari Presiden RI ini berjenis angus dengan berat hampir mencapai 1 ton (992 kilogram).

Usai disembelih, daging sapi tersebut dibagikan berdasarkan Kartu Keluarga (KK) se Kota Gorontalo melalui RT/RW.

Sebelum penyerahan sapi kurban, Gubernur dan istri juga pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terlebih dahulu melaksanakan doa bersama, dengan tokoh agama, pemangku adat dan Takmirul Masjid Agung Baiturrahim.

Sebelumnya, Gubernur dan istri, melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Baiturrahim, dimulai tepat pukul 07.00 Wita. Sholat Id dipimpin Ridwan Djama, dan bertindak sebagai khatib Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo, Muflih B. Fattah.

Gubernur Ismail memberi perhatian besar terhadap pelaksanaan Hari Raya Idul Adha yang berlangsung aman dan damai di daerah itu.

"Alhamdulillah kondisi seluruh wilayah Provinsi Gorontalo tersebar di enam kabupaten/kota dalam kondisi aman. Perayaan Idul Adha pun berlangsung kondusif. Saya berharap kondisi ini terjaga seterusnya," kata Ismail.

Ia pun meminta agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di seluruh masjid maupun secara berkelompok dapat dilakukan dengan baik serta tetap memperhatikan keamanan pangan asal hewan. ***
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023