Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengajak seluruh perbankan yang ada di provinsi itu untuk membina cabang olahraga dan atlet berprestasi melalui Pekan Olahraga dan Seni Perbankan (Porsebank) tahun 2023.

"Saya sangat berharap perbankan Gorontalo menjadi mitra KONI untuk membina cabang olahraga dan atlet berprestasi. Dua atlet Gorontalo yang meraih medali pada SEA Games lalu kalau bisa diambil dan diangkat menjadi karyawan bank," kata Ismail di Gorontalo, Sabtu.

Ismail menjelaskan, pekan lalu banyak atlet-atlet nasional yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Para atlet tersebut diangkat menjadi PNS melalui jalur prestasi.

Menyikapi hal itu, Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik Kementerian Ketenagakerjaan itu juga sedang mencari cara bagaimana para atlet daerah yang berprestasi juga bisa diangkat menjadi PNS.

"Ini menjadi perhatian pemerintah daerah. Kami mengajak perbankan ikut memperhatikan atlet yang telah berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional yang berasal dari Gorontalo," ujar Ismail.

Porsebank yang berlangsung dari 15 hingga 22 Juli 2023 mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu lari beregu, sepak bola mini, bulutangkis, bola voli, dan E-Sport. Pada pembukaan tersebut ada dua kegiatan yang dilombakan yakni pawai dan senam sehat massal yang diikuti oleh seluruh karyawan perbankan Gorontalo.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Dian Nugraha, melaporkan bahwa pelaksanaan Porsebank tahun 2023 merupakan yang terbesar dilihat dari jumlah cabang olahraga, kontingen, dan atlet.

"Dari total anggaran, sebesar 93,37 persen dibelanjakan untuk produk UMKM yang menjadi kebutuhan Porsebank. Tentunya secara ekonomi, kegiatan ini juga berdampak kepada pelaku UMKM," tutur Dian.

Dengan adanya Pekan Olahraga dan Seni Perbankan itu, diharapkan semakin meningkatkan kekompakan dan kebersamaan seluruh keluarga besar perbankan di Provinsi Gorontalo.

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana sehingga dapat berjalan lancar sesuai yang kita harapkan. Kepanitiaan ini juga melibatkan pimpinan serta pegawai antar bank, sehingga kegiatan ini kita jadikan momentum memperkuat koordinasi dan kerjasama kita," kata Dian.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo berharap Porsebank tahun ini menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan bakat pada bidang olahraga dan seni.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023