Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo meningkatkan penyajian data akurat melalui meta data statistik sektoral.

"Kegiatan membangun meta data statistik sektoral diharapkan dapat meningkatkan penyajian data yang akurat dan dan komprehensif kepada masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili saat  membuka kegiatan Membangun Meta data Statistik Sektoral di Gorontalo, Jumat,

Ia mengatakan, pentingnya meta data statistik sebagai landasan dalam pengumpulan, pengolahan, dan analisis data statistik sektoral.

Kegiatan itu digelar oleh Bidang Statistik Diskominfotik Gorontalo, dihadiri oleh wali data pendukung dari 34 organisasi perangkat daerah (OPD) dan Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo.

"Meta data statistik merupakan kartu identitas yang menjelaskan karakteristik dari data statistik, seperti metode pengumpulan data, definisi variabel, sumber data, dan prosedur pengolahan data," katanya.

Meta data yang baik memudahkan pengguna data statistik dalam memahami dan menginterpretasi informasi yang disajikan.

Rifli menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam pembangunan meta data statistik sektoral.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mencakup perwakilan dari berbagai kementerian, badan usaha, lembaga penelitian, dan masyarakat sipil guna memastikan data yang dihasilkan mewakili seluruh aspek kehidupan masyarakat kota metropolis.

Kepala Bidang Statistik Debby I.M Habibie menjelaskan sesuai data tahun 2022, dari 1.428 indikator yang aktif saat ini, l meta data terpenuhi baru sebanyak 672 indikator. Masih ada 525 indikator belum terpenuhi yang tersebar di 34 OPD.

“Kegiatan ini diadakan dengan tujuan membangun meta data statistik sektoral yang kuat dan berkelanjutan. Meta data statistik memiliki peran penting dalam menyediakan informasi yang jelas dan komprehensif tentang data statistik," kata Debby.

Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo juga meluncurkan situs web resmi yang akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengakses data statistik sektoral kota metropolis secara transparan dan mudah diakses.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023