Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan bibit cabai rawit ke kelurahan siaga inflasi.

"Bantuan berupa 1.550 pohon bibit cabai dan 20 karung pupuk kandang seberat 50 kilo gram, serta 1 rol Mulsa, kami serahkan di Kelurahan Dulomo Utara, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo," kata Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Fima Agustina, di Gorontalo, Selasa.

Bantuan tersebut disalurkan melalui rumah kelompok wanita petani terong. Salah satu kelompok tani yang menjadi bagian dari 17 desa/kelurahan siaga inflasi.

Fima mengatakan program desa/kelurahan siaga inflasi merupakan inovasi TP PKK Provinsi Gorontalo dalam menyikapi situasi pemenuhan pangan dan gizi keluarga yang sulit terpenuhi dampak adanya inflasi.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan, yaitu menanam tanaman obat maupun rempah agar dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga, serta meningkatkan pendapatan keluarga.

"Yang paling saya harapkan adalah program ini menjadi contoh dan motivasi bagi pemerintah desa/kelurahan lainnya untuk turut mengembangkannya. Jika kegiatan kegiatan ini terus dikembangkan oleh seluruh masyarakat, maka persoalan inflasi tidak akan mempengaruhi upaya pemenuhan keperluan pangan dan gizi keluarga secara lengkap," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo Ramdhan Pade mengatakan penyaluran bantuan desa/kelurahan siaga inflasi sudah dilaksanakan sejak 1 Juli 2023.

Kegiatan ini diluncurkan langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo di Desa Tolotio Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

"Untuk Kelurahan Dulomo Utara sendiri merupakan lokasi ke empat belas yang telah mendapatkan bantuan. Jadi secara keseluruhan seluruh desa yang menjadi percontohan telah menerima bantuan," katanya.

Sementara untuk tiga lokasi terakhir yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara disalurkan hari ini (1/8).

Total ada 17 desa/kelurahan di Provinsi Gorontalo menjadi desa siaga inflasi. Tersebar di seluruh kabupaten/kota se Gorontalo.

Yaitu Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, Boalemo, Bone Bolango dan Gorontalo Utara masing-masing tiga desa, sementara Kota Gorontalo dua kelurahan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023