Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo untuk menggalakkan kembali penghijauan, terutama di sepanjang jalur-jalur jalan utama daerah itu.

"Pelebaran jalan provinsi telah dilakukan di Kabupaten Gorontalo, tentunya telah mengorbankan lingkungan dengan menebang pohon-pohon yang ada disepanjang jalan tersebut," kata gubernur, Sabtu.

Untuk itu, gubernur meminta Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang baru saja dilantik, untuk mengembalikan penghijauan di daerah itu.

Apalagi Pemprov Gorontalo terus mencanangkan peningkatan akses jalan provinsi di setiap kabupaten dan kota, mengingat volume kenderaan setiap tahunnya terus meningkat.

Sehingga dengan adanya penghijauan tentunya memberikan ruang hijau bagi daerah, karena jalan-jalan di Kabupaten Gorontalo, baik dari Isimu, Limboto hingga Telaga sudah cukup panas.

Gubernur menambahkan, tahun ini juga Pemprov Gorontalo ada anggaran untuk penerangan jalan, khusus untuk Pemerintah Kabupaten Gorontalo mulai dari Kecamatan Telaga hingga Kecamatan Limboto akan dipasang penerangan jalan.

"Sekaligus juga langkah sosialisasi yang kongkrit kepada warga untuk giat menjaga lingkungan, dengan rajin menanam bibit pohon pekarangan rumah hingga di hutan," tambahnya.

Sementara itu, gubernur juga berharap agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gorontalo, harus sinkronisasi dengan RPJMD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo.

Banyak hal harus diperhatikan pada RPJMD termasuk pembangunan berbasis lingkungan, sekaligus memperhatikan kondisi ekologis suatu daerah.

"Hal ini dimaksudkan agar program mulai dari pemerintah pusat sampai daerah itu sama, sehingga pembangungan terus berjalan" ungkapnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016