Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo menyambut perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia ke 78 dengan menggelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (Porsenap) di Kabupaten Gorontalo.

Kepala Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo Meita Eriza di Gorontalo, Rabu mengatakan kegiatan itu diikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas yang diawali dengan parade kreasi dari peserta.

"Kegiatan Lomba Porsenap ini sebagai ajang menumbuhkan semangat kebanggaan dan sportivitas," ucap Meita.

Melalui lomba itu juga, lapas perempuan ingin meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh warga binaan dalam bidang seni dan olahraga.

Meita mengungkapkan, lomba Porsenap tersebut itu juga merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kemenkumham ke 78 pada 19 Agustus nanti.

"Kita ingin memotivasi warga binaan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka melalui kegiatan positif serta menjadi ajang silaturahim dan kekompakan antar warga binaan dan petugas," ujar Meita.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Bagus Kurniawan menjelaskan, Porsenap itu merupakan salah satu program pembinaan warga binaan dalam hal olahraga dan seni.

"Ini ajang untuk mengembangkan minat dan bakat warga binaan dan sarana rekreasi, karena narapidana yang berada di dalam butuh rekreasi walaupun tidak keluar Lapas," ucap Bagus.

Lomba Porsenap digelar selama tujuh hari dan mulai sejak 9 Agustus dengan melaksanakan 12 lomba, diantaranya parade, bola voli, sepak bola dangdut, estafet pasang celana, makan pisang, estafet balon, memindahkan bola, memindahkan air, membaca ayat pendek, kerapian dan kebersihan kamar, menyanyi dan peragaan busana.

 
Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengikuti parade di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023