Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO)- Provinsi Gorontalo berhasil meloloskan 10 cabang olahraga pada Pra PON, untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, yang akan berlangsung di Jawa Barat.

Ketua Koni Provinsi Gorontalo Rustam Akili ketika dihubungi, di Gorontalo, Selasa, mengatakan bahwa pada ajang Pra PON yang telah dilaksanakan oleh berbagai induk organisasi olahraga, Gorontalo berhasil meloloskan 10 cabang olahraga.

Ke-10 cabang olahraga tersebut yakni Atletik, Anggar, Tenis Meja, Taekondo, Wushu, Tinju, Catur, Ski Air, Sepak Takraw dan Pencak Silat.

Sekretaris KONI Provinsi Gorontalo Mud Mada, mengakui bahwa prestasi yang dicapai oleh atlet Gorontalo, adalah lolos dari pra kualifikasi dan berhak untuk mengikuti PON XIX 2016 di Jawa Barat.

Menurutnya, meskipun telah resmi mengikuti 10 cabang olahraga, namun pihak KONI maupun induk dari masing-masing cabang olahraga tersebut, masih tetap punya kendala yakni masalah dana yang memang minim.

Setiap cabang olahraga yang lolos pada PON, masih mengeluhkan masalah dana yang memang sangat minim," kata Mud.

Selain itu, kurangnya frekwensi dari masing-masing cabang olahraga untuk mengukuti uji coba, baik yang dilaksanakan dengan cara ikut turnamen maupun dengan tim lainnya.

"Kita juga sangat memerlukan uji tanding, sebab yang ada saat ini kualitasnya masih dibawah atlit yang lolos PON," kata Mud.

Ia menambahkan, target untuk Provinsi Gorontalo pada PON XIX adalah, menyamai prestasi yang diperoleh pada PON XVIII lalu, yakni peringkat 27 dengan hasil 1 medali emas, 1 perak dan 1 medali perungu.


Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016