Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Hari Kemerdekaan pada Kamis, 17 Agustus 2023 di wilayah Provinsi Gorontalo cerah berawan.

Prakirawan Cuaca BMKG Gorontalo Arimi Pratiwi di Gorontalo, Rabu mengatakan mulai pukul 08.00 WITA pada 17 Agustus 2023 cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan.

Ia menyebut, kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan ringan di wilayah Paguat, Paguyaman Pantai dan sekitarnya.

Cuaca siang hari kondisi umumnya cerah berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan hampir di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Potensi hujan sedang di wilayah Biluhu, Batudaa, Suwawa dan sekitarnya. Sedangkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir di wilayah Kwandang, Sumalata dan sekitarnya.

Malam harinya diprakirakan kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan. Pada dini hari kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan.

Potensi hujan sedang di wilayah Bone Raya dan sekitarnya. Potensi kabut di wilayah Pinogu.

Ia mengatakan suhu diprakirakan antara 23 hingga 33 °C. Dengan kelembaban 60 hingga 95 persen. Dan arah angin Selatan dengan kecepatan angin 10 hingga 20 km/jam.

BMKG mengeluarkan peringatan dini yaitu waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang padat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara dan sekitarnya.

Sementara untuk prakiraan gelombang jalur penyeberangan di lokasi Laut Sulawesi, Gorontalo Utara dengan kondisi cuaca diprakirakan berawan, arah angin dari Barat Laut hingga Utara, dengan kecepatan 08 hingga 30 km/jam.

Ketinggian gelombang mencapai 0. m. Dan di Teluk Tomini dengan kondisi cuaca diprakirakan berawan, arah angin dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan 12 hingga 30 km/jam. Ketinggian gelombang berkisar antara 0.5 m hingga 1.25 m.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023