Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman akan membantu sejumlah petani tanaman kopi Pinogu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo lewat pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Diharapkan di tahun 2016 kami akan bantu replanting (peremajaan tanaman kopi) untuk 100 hektare Kopi Pinogu, dengan anggarannya Rp400 juta lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada perbankan," kata Mentan pada kunjungannya di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Rabu.

Menurutnya, pemberian KUR dengan bunga sesuai arahan Presiden Joko Widodo tidak akan membebani petani atau lebih prorakyat.

"Bunganya hanya 9 persen pertahun," ujar mentan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone Bolango, Kilat Wartabone dihadapan mentan dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan bahwa Kopi Pinogu bukan hanya jadi komoditi unggulan daerah ini, tapi juga memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi brand unggulan di Provinsi Gorontalo.

"Produk unggulan daerah seperti Kopi Pinogu ini perlu mendapat perhatian semua pihak, termasuk Kementan, karena melihat potensi yang masih perlu dimaksimalkan lagi," ujarnya.

Potensi pengembangan Kopi Pinogu di daerah itu luasnya 1.356,67 hektare dengan produksi 23,06 ton dan provitas 115/Kg/hektar.

Selain kopi pinogu, yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah produksi gula aren yang

merupakan komoditas unggulan daerah dengan potensi pengembangan 509 hektare, produksi 583,83 ton dan provitas 1.456 Kg/hektare.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016