Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengakselerasi percepatan digitalisasi keuangan antara lain melalui perluasan penerapan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan berbagai upaya terus dilakukan untuk membuat digitalisasi keuangan merakyat di Kabupaten Gorontalo.

"Kami terus mendukung percepatan digitalisasi keuangan yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo," ucap Nelson.

Bentuk dukungan Pemkab Gorontalo di antaranya mewajibkan seluruh ASN Kabupaten Gorontalo menggunakan QRIS sebagai alat transaksi keuangan digital.

“Kurang lebih lima ribuan ASN Kabupaten Gorontalo diwajibkan benar-benar bisa ikut digitalisasi ini," ujar Bupati.

Ia mengungkapkan, pada saat pembukaan pasar modern di Limboto Kabupaten Gorontalo tahun ini, 400 pedagang yang akan menempati lokasi tersebut akan diwajibkan menggunakan QRIS.

"Termasuk juga QRIS akan diterapkan pada kegiatan World Coconut Day di Kabupaten Gorontalo. Ada berbagai kegiatan dilaksanakan dan itu akan dihadiri 20 negara penghasil kelapa," ungkap Nelson.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo bersama Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) menggelar Digitalisasi to Bumi Hulonthalo (Domino) 2023 di Kabupaten Gorontalo, untuk mempercepat pembentukan ekosistem ekonomi dan keuangan digital (EKD).

Kepala KPw BI Gorontalo Dian Nugraha mengatakan kegiatan Domino 2023 bertujuan untuk mendukung akselerasi implementasi QRIS, dengan tema mewujudkan semangat 45, QRIS-nya satu, menangnya banyak.

Domino, kata Dian, merupakan digital expo sebagai kegiatan unggulan sistem pembayaran KPw BI Gorontalo yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam pelaksanaan kegiatan Domino 2023 akan dijalin kolaborasi dan sinergi bersama seluruh pemerintah daerah.

Bentuk kegiatan dalam Domino 2023 terdiri atas QRIS Color Run, peluncuran pejuang QRIS Gorontalo untuk sekolah SMA/SMK, Duta Influencer Digital Gorontalo, Bankers Idol yang diikuti oleh perbankan se-Provinsi Gorontalo, diskusi, cinta bangga paham rupiah, bazar dan lainnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023