Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) hingga ke wilayah pelosok.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango Oktavianus SW. Rahman di Gorontalo, Jumat mengatakan untuk yang ke sekian kalinya ia bersama petugas teknis melaksanakan perekaman di ujung timur Provinsi Gorontalo, yakni di Kecamatan Pinogu.

"Dari data yang ada, di Kecamatan Pinogu ini masih ada sekitar 50 orang yang belum melakukan perekaman. Itu mengharuskan kami kembali lagi ke sini," katanya.

Dari jumlah yang telah terdata di atas, hanya ada 34 orang yang bersedia untuk dilakukan perekaman pada saat itu, sementara sisanya belum mau karena beberapa alasan tertentu.

Pihaknya, kata Oktavianus, tidak bisa memaksakan warga untuk melakukan perekaman. Meskipun untuk menuju ke lokasi memerlukan waktu berjam-jam, bahkan harus melalui medan yang terbilang masih ekstrem, serta berada di dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

"Semangat kami tidak surut untuk memberikan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan," katanya.

Pihaknya juga berkomitmen sebelum pemilu serentak 2024, seluruh masyarakat yang sudah cukup umur dan mempunyai hak pilih, sudah melakukan perekaman dan telah memiliki e-KTP.

Sistem jemput bola seperti ini, kata dia lagi, sudah diterapkan dan dilaksanakan sejak lama, serta telah berhasil menambah jumlah warga yang melakukan perekaman hingga mendekati 100 persen.

"Semua wilayah terpencil atau pedalaman dari Kecamatan Bulango Utara, Bone hingga Pinogu, sudah kita datangi untuk dilakukan perekaman KTP el. Target kita secepatnya bisa mencapai 100 persen," katanya.

Ia mengatakan selama melaksanakan pelayanan di wilayah pelosok, kendala utama yang dihadapi bukanlah soal medan maupun jarak tempuh, namun keberadaan jaringan internet adalah faktor yang sangat mempengaruhi pelayanan.

"Sumber daya manusia kita memadai. Peralatan kita memang sudah cukup, namun masih perlu ditingkatkan, dan semoga tahun depan kita dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP el untuk segera mencari informasi kepada petugas, baik yang ada di desa, kecamatan maupun di kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Bone Bolango.

Mengingat KTP el sendiri menurutnya sangat penting untuk warga, terutama dalam memenuhi syarat berbagai pelayanan hingga pemberian hak pilih pada pemilu serentak 2024.

"Informasi pelayanan kami juga dapat diakses melalui media sosial maupun website resmi Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023