Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II, berkomitmen untuk mendukung penuh kelancaran pembangunan bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang saat ini tengah dikerjakan.

Kepala BWS Sulawesi II Parlinggoman di Gorontalo, Selasa mengatakan komitmen tersebut ditunjukkan melalui penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman antara pihaknya dengan Polda Gorontalo.

"Kerja sama ini dalam hal dukungan pengamanan penyelenggaraan infrastruktur sumber daya air di Provinsi Gorontalo," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa nota kesepahaman tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020, tentang perubahan ketiga Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016, terkait percepatan pelaksanaan proyek strategis Nasional.

"Kami berharap bantuan pengamanan ini bisa mendukung penyelenggaraan pembangunan infrastruktur sumber daya air di wilayah kerja BWS Sulawesi II yang ada di Provinsi Gorontalo," kata Parlinggoman.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol mengatakan nota kesepahaman dalam rangka pengamanan ini dilakukan guna memantau kegiatan observasi, pemberdayaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak, serta mewujudkan keberhasilan pembangunan infrastruktur sumber daya air di Provinsi Gorontalo.

"Ini merupakan komitmen yang kami laksanakan sebagai bentuk sinergi antara lembaga," kata Kapolda Gorontalo.

Komitmen tersebut menurutnya harus diwujudkan melalui upaya pengamanan yang dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan, guna mencegah terjadinya berbagai ancaman dan gangguan dalam pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air, di wilayah BWS Sulawesi II.

"Atas hal tersebut di atas, saya menekankan kepada personel yang terlibat dalam pengamanan, agar melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023