Pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Gorontalo fokus pada peningkatan efektivitas belanja desa.
 
"Pelatihan P3PD bertujuan meningkatkan efektivitas belanja desa karena inilah salah satu penyebab pembangunan desa belum berjalan optimal," kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki di Gorontalo, Rabu saat memberikan arahan kepada peserta pelatihan P3PD Angkatan IV di Kota Gorontalo.
 
Budiyanto mengatakan rendahnya efektivitas belanja tersebut disebabkan oleh banyaknya aparatur desa yang belum terlatih.
 
Menurutnya, kondisi itu memerlukan perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran di tingkat desa yang diwujudkan melalui peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa.
 
"Melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang mengarah pada keselarasan dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat," katanya.
 
Pelatihan P3PD Provinsi Gorontalo dilaksanakan hingga delapan angkatan untuk 497 desa dengan total peserta sebanyak 1.988 orang.
 
Progres pelaksanaan pelatihan hingga angkatan III sudah diikuti oleh 288 desa dengan jumlah peserta 1.122 orang.
 
Terdapat tujuh jenis pelatihan P3PD yaitu pelatihan penetapan dan penegasan batas desa, pelatihan aparatur desa dasar, pelatihan penguatan BPD, dan pelatihan penguatan kerja sama desa.
 
Ada juga pelatihan penguatan PKK, pelatihan pembuatan Posyandu, serta pelatihan penguatan lembaga kemasyarakatan desa.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023