Kepolisian Resor Kota (Polresta) Gorontalo Kota berkomitmen siap untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi atau seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana, Senin mengatakan pernyataan komitmen tersebut disampaikan saat dirinya menerima kunjungan sekaligus silaturahmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, yang berlangsung di ruang kerjanya.

"Sinergi antara KPU dan Polri dalam mendukung penyelenggaraan pemilu serentak 2024 sangat penting," kata Kapolresta.

Menurutnya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengamanan tahapan Pemilu 2024 di Kota Gorontalo, pihaknya harus secara rutin melakukan koordinasi dan silaturahmi seperti ini dengan pihak KPU.

Sebagaimana diketahui bersama, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), menegakkan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Komitmen itu harus dijalankan dalam rangka terpelihara-nya keamanan dalam negeri, terlebih untuk menghindari terjadinya konflik internal di dalam lembaga Polri, menjaga eksistensi TNI-Polri, yang dikenal sebagai aparatur pertahanan dan keamanan, hingga menjadi pilar pemersatu bangsa.

Peran Polri dalam pemilu sendiri kata Kapolresta telah diatur dalam Undang-Undang, yakni dapat membantu KPU dalam pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara.

"Personel Polri dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu, pelaksana kampanye, dan tim kampanye, serta berperan dalam membangun suasana kondusif di masyarakat," imbuhnya.

Melalui koordinasi dan silaturahmi seperti ini kata Kapolresta, dapat menjaga netralitas dan komitmen antara jajaran Kepolisian dengan KPU, dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu, khususnya mengamankan seluruh tahapan Pemilu di wilayah Kota Gorontalo.***

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023