Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo menggelar rekonsiliasi Pendataan Lengkap (PL) Koperasi UMKM 2023 dalam rangka peningkatan cakupan dan kualitas data tingkat Provinsi Gorontalo.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Kamis mengatakan pelaksanaan PL-KUMKM telah selesai dilaksanakan pada 14 Oktober 2023 dan saat ini memasuki tahapan rekonsiliasi hasil pendataan.  

Rekonsiliasi tersebut kata Mukhanif sangat menunjang tujuan PL-KUMKM, yakni untuk mewujudkan basis data tunggal KUMKM Indonesia. Dari tujuan itulah diperlukan upaya dalam menjaga kualitas data melalui rekonsiliasi. 

"Jadi rekonsiliasi ini merupakan forum untuk mendapatkan pemahaman data dan informasi dari pemangku kebijakan terkait, bagaimana evaluasi pelaksanaan pendataan di lapangan atau tingkat anomali nya," ucap Mukhanif. 

Plh Asisten III Setda Provinsi Gorontalo Iswanta menyampaikan apresiasi kepada BPS Provinsi dan BPS Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan PL-KUMKM sebagai upaya mewujudkan basis data Tunggal KUMKM yang akan berguna untuk kemajuan KUMKM secara umum.

Pemerintah Daerah kata dia sangat membutuhkan data hasil PL-KUMKM, untuk pengambilan kebijakan dan pembinaan usaha koperasi dan UMKM di Gorontalo. 

"Untuk itu kami berharap nantinya data yang dihasilkan akurat sehingga pemberian bantuan pada pelaku usaha juga diharapkan akan lebih tepat sasaran dengan menggunakan basis data hasil PL-KUMKM," ujar Iswanta.

Rekonsiliasi pendataan PL-KUMKM diikuti sebanyak 52 peserta yang terdiri dari BPS Kabupaten/Kota 18 orang, OPD Provinsi dan Kabupaten tujuh orang, BPS Provinsi 27 orang serta narasumber Kepala Dinas KUMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo dan Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo. 

Selain rekonsiliasi kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pencanangan Inovasi Pentas Disco (Penajaman Pemanfaatan Indikator Statistik Provinsi Gorontalo Melalui Dynamic Collaboration).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023