Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Thariq Modanggu menggagas pembentukan tim terpadu pengawasan wilayah perairan yang melibatkan pemerintah kabupaten di setiap wilayah.

"Saya menggagas ini sekaligus telah mengusulkan dalam bentuk naskah agar tim terpadu pengawasan wilayah perairan di Provinsi Gorontalo dapat melibatkan pemerintah kabupaten sebagai pemilik wilayah," kata Bupati Thariq di Gorontalo, Minggu.

Dengan begitu akan memperpendek rentang kendali pengawasan serta mempermudah dalam menindak tegas.

Dua hal penting telah dilakukannya, kata bupati Thariq, sebagai upaya peningkatan pengawasan wilayah perairan khususnya yang ada di daerah itu.

Pertama, upaya mengundang seluruh pemangku kepentingan terkait untuk usulan naskah menyusun regulasi dalam percepatan pembentukan tim terpadu pengawasan agar segera diterbitkan Pemerintah Provinsi dalam hal ini melalui Peraturan Gubernur.

Dengan begitu, kata dia, pemerintah kabupaten dapat masuk dalam tim terpadu tersebut untuk memudahkan pengawasan dari aktivitas penangkapan ikan secara ilegal yang semakin meresahkan.

"Saya telah memasukkan usulan ini melalui Penjabat Gubernur sebelumnya. Saya berharap segera ditindaklanjuti Penjabat Gubernur saat ini. Mengingat penertiban pelaku pemboman ikan memerlukan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan," kata bupati.

Ia mengaku tidak menyangka seluruh kabupaten di Gorontalo yang memiliki ruang laut yang sama ternyata memiliki usulan serupa.

Mengingat tim terpadu pengawasan yang melibatkan pemerintah di wilayah terkait memang penting diperjuangkan kata bupati pula, karena upaya meningkatkan produksi perikanan bahkan aktivitas ekspor komoditas perikanan berkaitan erat dengan ketersediaan sumber daya.

"Jika aktivitas perikanan dilakukan dengan cara-cara ilegal, tentu mudah berdampak pada kerusakan sumberdaya yang mengancam keberlangsungan ketersediaan produk," katanya.

Kedua, kata dia, adalah membangun kesadaran masyarakat melalui gerakan masyarakat Cinta Laut agar masyarakat tidak melakukan pemboman ikan.

"Kita berupaya keras membangkitkan perekonomian di sektor perikanan tangkap. Maka perlu sekuat tenaga pula melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas perikanan agar senantiasa ramah lingkungan," katanya.

Ia berharap upaya ini mendapat dukungan penuh Pemerintah Provinsi agar tim terpadu pengawasan melibatkan pemerintah kabupaten dapat segera terbentuk.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023