Staf Ahli Bupati Bidang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Infrastruktur Dian Susilo mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjalankan empat strategi dalam rangka penurunan angka kemiskinan di daerah itu.

Empat strategi itu, di antaranya penurunan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, pengurangan kantong-kantong kemiskinan, dan yang keempat peningkatan kemandirian masyarakat.

"Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mengharapkan program-program yang akan dijalankan oleh setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk semakin diperkuat serta layanan kepada masyarakat miskin dapat ditingkatkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Dian di Bone Bolango, Kamis.

Dian Susilo mengungkapkan, Pemkab Bone Bolango terus memantapkan peran OPD  teknis dalam upaya penurunan angka kemiskinan ekstrem di daerah tersebut.

"Satgas percepatan penurunan stunting dan penurunan kemiskinan ekstrem untuk dimantapkan perannya," ujar Dian.

Dian menegaskan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango terus berupaya dalam menekan angka kemiskinan ekstrem. Berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik, angka kemiskinan di daerah itu mengalami penurunan 0,54 persen dari 16,05 persen pada tahun 2022 menjadi 15,51 persen pada tahun 2023.

Ia menjelaskan, dalam penurunan beban pengeluaran masyarakat, pihak pemerintah kabupaten akan memberikan bantuan perlindungan sosial dan bantuan permodalan lainnya. Sementara peningkatan pendapatan masyarakat, akan didukung dengan bantuan usaha ekonomi produksi masyarakat.

Ia juga menuturkan akan menggandeng OPD terkait dalam menekan angka kemiskinan ekstrem tersebut dengan membangun jalan transportasi ke daerah terpencil, jalan usaha tani, pembangunan sarana air minum, sanitasi, rumah layak huni.

"Tentu harapan kami nantinya bantuan ini akan meningkatkan kemandirian masyarakat, tidak hanya sekedar menerima bantuan tetapi bagaimana dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023