Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kesehatan akan menggelar Sayembara Kader Posyandu dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59.

"Saya mendukung penuh pelaksanaan sayembara ini," kata Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, di Gorontalo, Kamis.

Ia bahkan memberi tambahan hadiah sehingga sayembara tidak hanya diperuntukkan untuk tiga orang tapi menjadi enam orang pemenang.

Pemenang sayembara akan memperoleh hadiah berupa tiket menginap gratis di tiga hotel ternama di Kota Gorontalo, serta masing-masing diberikan bonus uang tunai sebesar Rp1 juta.

Gubernur sangat mendukung pelaksanaan sayembara ini. Apalagi pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) didanai oleh insentif fiskal tak lepas dari keberhasilan Gorontalo meraih prestasi terbaik kedua tingkat nasional untuk jumlah kunjungan ke Posyandu.

"Hadiah yang saya tambah tersebut diharapkan bisa menghasilkan pemenang dari enam kabupaten/kota perwakilan kader Posyandu terbaik," kata Gubernur Ismail disambut tepuk tangan meriah dari seluruh kader dan warga yang hadir pada peluncuran pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Puskesmas Sipatana Kota Gorontalo.

Persentase kunjungan Posyandu di Provinsi Gorontalo mencapai 94 persen, di bawah dari Nusa Tenggara Barat yang meraih peringkat pertama.

Atas prestasi itu Provinsi Gorontalo memperoleh insentif fiskal sebesar Rp5,8 miliar untuk pelaksanaan PMT dalam rangka penanganan tengkes.

"Saya punya cucu dan setiap bulan dibawa ke Posyandu. Kita maunya 100 persen atau seluruh anak di Gorontalo dibawa ke Posyandu agar tumbuh kembangnya bisa dipantau terus," kata Penjabat Gubernur tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa mengatakan sayembara tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan balita ke Posyandu.

Adapun ketentuan pemenangnya adalah kader yang paling banyak menemukan dan mengajak anak balita yang selama ini belum tercatat dalam data Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM), untuk berkunjung ke Posyandu.

"Semoga sayembara ini membuat kader Posyandu lebih semangat lagi. Kita harapkan semua anak balita dan ibu hamil hadir di Posyandu setiap bulan, serta tercatat dalam EPPGBM," kata Anang.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023