Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko memastikan personel TNI AD di wilayah Komando Resor Militer (Korem) 133 Nani Wartabone Provinsi Gorontalo, netral dan siap mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Pangdam di Gorontalo, Rabu mengatakan setelah melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo, ia sudah bisa memastikan bahwa integrasi atau koneksitas antar aparat yang ada di daerah Serambi Madinah ini sudah menyatu, yakni Penjabat Gubernur maupun unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Saya melihat semuanya sudah menyatu sehingga perlu segera dilaporkan ke komando atas, bahwa wilayah Kodam XIII Merdeka siap melaksanakan pengamanan pemilu," kata Pangdam XIII Merdeka.

Ia mengatakan TNI dituntut oleh Undang-undang untuk bersikap netral.

Oleh karena itu, ia terus menekankan kepada jajaran khususnya yang ada di Provinsi Gorontalo agar selalu menjaga amanah tersebut.

Termasuk senantiasa menanamkan kepada prajurit tentang amanah menjaga netralitas TNI.

Pihaknya pun telah mengeluarkan buku saku pedoman pelaksanaan tugas prajurit Kodam XIII Merdeka pada Pemilu 2024 yang wajib dimiliki dan dibaca oleh setiap prajurit TNI.

Dalam buku saku tersebut, berisi tentang lima poin penting yang patut dijalankan dan dipatuhi setiap prajurit TNI.

Di antaranya, netralitas atau tidak boleh memihak, termasuk tidak  boleh membantu dan mendukung salah satu pasangan calon pada Pemilu 2024.

"Saya mengingatkan bahwa pada buku saku ini sudah ada semua aturannya. Jadi wajib dibaca, agar prajurit betul-betul netral untuk menghadapi pemilu, sehingga tercipta pemilu yang sukses, jujur dan adil," imbuhnya.*

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023