Inspektorat Provinsi Gorontalo menggelar acara puncak peringatan hari antikorupsi se-dunia (Hakordia) tahun 2023 di Kota Gorontalo, Kamis.

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengatakan peringatan Hakordia dimaksudkan untuk menjadi sarana komunikasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang dapat menjadi wadah kreatifitas bagi para pemuda dan pelajar dalam mengekspresikan bakat mereka.

"Rangkaian kegiatan peringatan Hakordia 2023 ini dimaksudkan untuk menjadi sarana komunikasi kepada pemangku kebijakan. Jadi wadah penyaluran ide dan kreatifitas juga bagi para pelajar," katanya.

Ketua Panitia sekaligus Inspektur Provinsi Gorontalo Misranda Nalole menyebut kegiatan itu bertujuan untuk memberikan penguatan tentang komitmen dalam pemberantasan tindak pidan korupsi. Beberapa lomba juga digelar untuk melibatkan masyarakat luas dalam mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi.

Acara puncak juga dirangkaikan dengan pengumuman kejuaraan bagi para pemuda atau pelajar yang mengikuti lomba stand up comedy dan comic street.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu area intervensi dengan capaian tertinggi, serta OPD capaian persentase tertinggi dalam tindak lanjut hasil pemeriksaan tahun 2022 yang diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya penghargaan bagi OPD yang berkomitmen membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi kepada Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, BPSDM, serta RSUD Hasri Ainun Habibie.

Ada juga wajib LKPHN kategori tercepat dan verifikasi lengkap. Jabatan fungsional tertentu diberikan kepada Febriyaningsih, Marice Eda, dan Gunawan Rasyid.

Jabatan administrator diberikan kepada Abd Karim Rauf, Iskandar dan Ferdi Adam. Jabatan JPT Pratama kepada Muh. Imran Bali, Ridwan Hemeto, dan Iswanta. OPD terbaik dalam pengelolaan LHKPN dianugerahkan kepada Biro Hukum Setda Provinsi Gorontalo.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023