Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyebut diperlukan komitmen bersama untuk memberantas dan menyukseskan gerakan antikorupsi di Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Ismail Pakaya pada acara puncak Peringatan Harkordia tahun 2023 di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Ismail mengatakan, tindakan korupsi adalah pusat dari berbagai persoalan. Korupsi memiliki sifat korosif yang dapat mengganggu segala target pencapaian pemerintah. Olehnya, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bertekad menjadikan Provinsi Gorontalo yang mengedepankan transparansi dan keterbukaan informasi publik.

"Kita harus menyadari bahwa mendorong budaya antikorupsi adalah pemahaman dari diri sendiri dulu. Korupsi adalah tindakan yang tidak dikehendaki oleh siapapun. Untuk itu, kita semua harus melakukan langkah-langkah konkrit," kata Ismail.

Ismail mengungkapkan, bentuk komitmen pemerintah provinsi untuk menyukseskan gerakan ini adalah terus melakukan sosialisasi, edukasi serta penguatan budaya anti korupsi. Menurutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan lingkungan sekitarnya perlu diperhatikan agar siap menghadapi tantangan yang akan terjadi.

"Kita harus buat SDM dan lingkungannya siap menghadapi tantangan yang akan terjadi. Beragam tantangan ini akan berhasil kita menangkan jika kita menerapkan tata kelola pemerintahan yang bersih, dan baik serta bebas dari korupsi," ucap dia.

Peringatan Hakordia turut dirangkaikan dengan pemberian pin antikorupsi bagi perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelaku usaha dan tokoh masyarakat. Pemberian pin tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian agar tidak terjadi tindak korupsi di lingkungan kerja dan masyarakat.

Inspektur Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole menyebut kegiatan peringatan Harkodia bertujuan untuk memberikan penguatan tentang komitmen dalam pemberantasan tindak korupsi. Beberapa lomba juga digelar untuk melibatkan masyarakat luas dalam mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023