Produksi konten Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo Tahun 2023 mencatat jumlah tertinggi sepanjang sejarah.
 
 
Kepala Bidang PIKP Diskominfotik Provinsi Gorontalo Zakiya M. Baserewan di Gorontalo, Jumat mengatakan, konten yang diproduksi oleh Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) terbagi dalam beberapa jenis, yakni foto di website Info Publik, berita Info Publik, live streaming media sosial, flayer dan infografis serta produksi berita audio visual.
 
Produksi berita Info Publik Tahun 2022 tercatat sebanyak 1.676 berita, meningkat 117,6 persen pada Tahun 2023 menjadi 3.647 berita.
 
Foto Info Publik Tahun 2022 sebanyak 3.050 foto, meningkat 13,5 persen menjadi 3.464 foto Tahun 2023.
 
"Alhamdulillah kinerja kita sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Kerja keras teman-teman di pengelolaan informasi khususnya dan PIKP pada umumnya sangat saya apresiasi. Peningkatan dari Tahun 2022 ke 2023 signifikan atau sangat tinggi," kata Zakiya saat memimpin Rapat Evaluasi Pengelolaan Konten di Kota Gorontalo.
 
Peningkatan produksi konten publikasi, kata dia, tidak terlepas dari kontribusi humas di organisasi perangkat daerah (OPD) yang selama ini aktif menyuplai informasi program kegiatannya. Hal ini menunjukkan sudah ada kepedulian yang tinggi dari pimpinan OPD tentang pentingnya diseminasi informasi kepada publik.
 
"Ucapan terima kasih kepada Bapak Penjabat Gubernur, Pak Sekda, para pimpinan OPD, dan ibu bapak PPID di OPD yang selama ini kami fungsikan juga sebagai Humas. Berkat kerja bersama produksi konten publikasi-nya semakin tinggi tahun ini," katanya.
 
Pranata Humas Ahli Muda sekaligus Ketua Tim Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Ismail Giu mengatakan, ada beberapa hal yang masih bisa ditingkatkan Tahun 2024. Terutama membangun relasi yang baik dengan instansi vertikal agar penyebaran informasi bisa bermuara di Info Publik.
 
"Website infopublik.id ini website berita yang dikelola oleh Kementerian Kominfo RI. Setiap Kementerian/Lembaga, provinsi dan kabupaten kota publikasi-nya diarahkan ke sana. Nah barangkali yang perlu kita maksimalkan bagaimana publikasi kita juga menyentuh hingga instansi vertikal di daerah," kata Ismail.
 
Dengan capaian ini, pihaknya optimis Provinsi Gorontalo akan kembali meraih tempat terbaik pada Anugerah Media Center Tahun 2024.
 
Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kominfo RI kepada daerah dengan produktivitas informasi publik terbaik.
 
"Tahun lalu kita meraih terbaik I foto terbanyak, terbaik II foto terbaik, dan terbaik V berita terbanyak. Saya optimis tahun depan foto terbanyak dan berita terbanyak akan bisa kita raih," katanya.
 
Selain produksi foto dan berita, sejumlah konten juga meningkat. Live streaming di media sosial Pemprov misalnya Tahun 2022 hanya 19 kali, meningkat 342 persen tahun 2023 jadi 84 kali. Reels atau video singkat kegiatan pimpinan tahun 2022 hanya 162 buah, meningkat 141,9 persen Tahun 2023 menjadi 392 buah.
 
Satu-satunya yang mengalami penurunan yakni produksi berita audio visual dari Tahun 2022 sebanyak 458 video turun 4,09 persen menjadi 440 video Tahun 2023.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023