Desa Monano, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menerima penghargaan sebagai Desa Terbaik I Tahun 2023 dalam pengelolaan Dana Desa (DD) Semester II tahun 2022 sampai dengan semester I tahun 2023.

Kepala Desa Monano Amirudin Tohopi di Bone Bolango, Jumat mengatakan penghargaan tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo, Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ia mengatakan dalam rangka pengelolaan Dana Desa sejak dirinya menjabat Kepala Desa dari tahun 2015 hingga tahun 2023 di Semester I, untuk Desa Monano, baik dari hasil audit Inspektorat Kabupaten Bone Bolango maupun tim audit lainnya itu tidak ada temuan.

"Alhamdulillah berkat pengelolaan dana desa yang kami laksanakan dengan baik ini, mendapatkan penilaian tersendiri dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Kementerian Keuangan," kata Amirudin Tohopi.

Ia mengatakan dalam pengelolaan Dana Desa, tentu bukan hanya sekadar pelaporan keuangan saja yang diperhatikan, tetapi juga dari segi tahapan-tahapan nya, mulai penyusunan program kerja dari Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), penetapan APBDes, hingga pengajuan.

Dalam hal tingkat pelaporan dana desa, Desa Monano selalu terdepan dalam pengelolaan dan pelaksanaan.

"Tahun 2023 ini kami mengelola anggaran Rp1,1 miliar lebih, terdiri dari Dana Desa alokasi kinerja dan alokasi tambahan Rp800 juta lebih, ditambah dengan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp300 juta lebih," jelas Amirudin.

Ia berharap dengan prestasi yang diraih Desa Monano itu, akan memotivasi dirinya bersama jajaran untuk terus berusaha menjadi yang terbaik, utamanya dalam pengelolaan anggaran dana desa.

"Setiap tahun pengelolaan dana desa ini aturannya tidak paten, sering berubah sehingga dalam pengelolaan ini, Insya Allah kami akan tetap mengikuti koridor dan prosedur aturan yang selalu disampaikan baik oleh Kemenkeu, Kemendes, Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati Bone Bolango," kata dia.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023