Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Gorontalo Fima Agustina berkeinginan agar program PKK Goes to School bisa diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota di daerahnya.

Fima Agustina di halaman rumah jabatan gubernur Gorontalo Sabtu mengatakan, alasannya program yang dikhususkan untuk siswa-siswi SMA/SMK sederajat itu difokuskan untuk pendidikan agama dan pemberdayaan pembinaan karakter anak didik.

"Melalui program PKK Goes to School ini, kami telah melakukan penyuluhan hukum setiap hari Senin kepada sekolah-sekolah SMA bekerja sama dengan pihak Kemenkumham. Setelah selesai nanti, kami jadwalkan bekerja sama dengan PKK kabupaten/kota. Keinginan kami mereka akan turun hingga ke anak SMP. Jadi program ini bukan hanya milik provinsi, tapi milik kita semua," kata Fima.

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satuan Tugas (Satgas) yang telah membantu pelaksanaan PKK Goes to School selama kurang lebih empat bulan ini.

Fima Agustina menyebutkan, Kementerian Agama, Kemenkumham, BKKN, BNN serta instansi terkait lainnya di Provinsi Gorontalo yang turut menyukseskan program ini.

Program inovasi PKK ini bahkan berhasil membawa 60 anak siswa SMA 4 dan SMA 7 Kota Gorontalo ke Kota Palu, guna memperkuat pendidikan agama di Pondok Pesantren Al Khairat Madinatul Ilmi Sulawesi Tengah.

Dengan anggaran seadanya, bantuan dari seluruh organisasi perangkat daerah dan pak gubernur, Alhamdulillah PKK bisa membawa anak-anak ini ke Kota Palu. Mengingat program ini memang selain pembentukan karakter juga menitikberatkan pada pendidikan agama.

"Kenapa? Karena pendidikan agama di sekolah setiap pekan hanya ada satu kali pertemuan, sementara agama adalah merupakan gagasan yang paling penting dan sangat diperlukan anak-anak di zaman modern ini," katanya.

Dia juga menjelaskan, pada tahun 2024 nanti, TP-PKK Provinsi Gorontalo telah berkomitmen melanjutkan program PKK Goes to School.

Direncanakan dengan anggaran yang telah disepakati, ada empat sekolah SMA se-derajat yang kembali akan dipilih menjadi pelaksana program tersebut.

Program PKK Goes to School diakhiri dengan pemberian piala bergilir oleh Ketua PKK kepada sekolah yang telah berpartisipasi.

Pada tahun 2023 ini yang berhasil mendapatkan piala bergilir adalah SMA Negeri 4 Kota Gorontalo, yang dinobatkan sebagai Juara Umum berdasarkan hasil evaluasi dan lomba yang dilaksanakan sehari sebelum penutupan program tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023