Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan sosial (bansos) pemerintah daerah, berupa paket kebutuhan pokok kepada 180 keluarga miskin ekstrem di Kecamatan Bonepantai.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo, Ahad mengatakan bantuan paket itu merupakan program yang yang bersumber dari Dana Insentif Fiskal (DIF) yang merupakan hadiah dari pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango.

Ia menyebutkan atas kinerja tersebut, pemerintah pusat memberikan Dana Insentif Fiskal sebesar Rp5,6 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

"Dari dana tersebut kita bagi-bagi ke berbagai program bantuan, termasuk bantuan paket sembako untuk keluarga miskin di Kecamatan Bonepantai," ucap Merlan.

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bone Bolango itu mengungkapkan bantuan paket itu adalah 5 kg beras, 1 bak telur, gula pasir 1 kilogram, dan susu 1 dus.

"Kenapa ada susu dan telur, karena bantuan ini juga diarahkan untuk anak stunting, anak kurang gizi, anak balita, ibu hamil, dan juga ibu menyusui, serta lansia di keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Merlan.

Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu memohonkan maaf kepada keluarga-keluarga miskin ekstrem lainnya yang belum kebagian bantuan paket sembako tersebut.

"Saya memohonkan maaf karena keterbatasan anggaran. Jadi untuk saat ini kita baru mampu membantu 180 keluarga miskin di Kecamatan Bonepantai. Mudah-mudahan ke depan yang belum dapat, itu kita akan bantu dengan program-program lainnya," ucap Merlan.

Saat ini kata dia, untuk setiap penyaluran bantuan itu berdasarkan data, yakni Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga yang akan dibantu lebih dulu adalah masyarakat yang miskin ekstrem.

"Kami berharap di tahun 2024 ini, keluarga miskin ekstrem di Bone Bolango, itu sudah tidak ada lagi alias nol atau zero, sehingga semua program-program bantuan saat ini kita fokuskan dan prioritaskan untuk mereka keluarga yang miskin ekstrem," ucap Merlan.

Camat Bonepantai Lili Prawati Abas, mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Plt. Bupati Merlan Uloli yang telah memprogramkan bantuan 180 paket sembako untuk keluarga miskin di wilayah itu.

"Alhamdulillah bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian khusus ibu Bupati untuk masyarakat kami di Kecamatan Bonepantai. Apalagi program ini untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem. Insya Allah dengan adanya program seperti ini, kemiskinan ekstrem di Bonepantai perlahan-lahan berkurang," ujar Lili.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024