Satu orang warga di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dinyatakan meninggal dunia karena positif demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango Iwan Usman di Gorontalo, Rabu, mengatakan pihaknya memastikan berdasarkan data yang tercatat ada 33 kasus DBD yang terjadi di beberapa wilayah itu, dengan dampak terburuk satu orang meninggal dunia.

"Terhitung dari 1 Januari 2024 ada 33 kasus DBD, satu di antaranya meninggal dunia pada Senin (15/1) kemarin," kata dia.

Ia mengatakan 33 kasus DBD ini ditemukan di sejumlah wilayah, yakni Kecamatan Bulango Timur, Suwawa, Kabila, Tilongkabila, Tombulilato, dan Bone Raya, dengan jumlah kasus tertinggi di Kecamatan Suwawa.

Dengan adanya temuan peningkatan kasus DBD, pihaknya segera melakukan upaya-upaya pencegahan mulai dari sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk hingga turun langsung ke titik-titik yang dianggap rawan penyebaran DBD untuk melakukan pengasapan.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi dengan indeks jentik positif, kata dia, dapat dipastikan bahwa di sekitar tempat tinggal warga yang ditemukan positif DBD sudah ada perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Pelaksanaan pengasapan, katanya, hanya bisa membunuh nyamuk dewasa atau yang sudah bisa terbang saja, namun itu tidak dapat menghentikan perkembangan dan penyebaran telur nyamuk.

Berdasarkan analisa dan kalender epidemiologi peningkatan kasus demam berdarah berada pada minggu ke-8 hingga ke-12.

"Sekarang kita baru masuk pada minggu ketiga, tapi peningkatan kasus mulai muncul," kata Iwan.

Cara satu-satunya untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit DBD yaitu dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Hal ini cara paling efektif, mudah, dan murah, namun memerlukan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

"Kami mengimbau warga untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal masing-masing, dan ini satu-satunya jalan untuk memutus penyebaran DBD di Kabupaten Bone Bolango," katanya.

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024