Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mengajak masyarakat mengonsumsi buah melalui lomba merangkai buah yang diikuti oleh jajaran puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di Gorontalo, Jumat mengatakan lomba tersebut digelar untuk memasyarakatkan gerakan makan buah pada pagi hari.

"Makan buah di pagi hari adalah anjuran kesehatan yang bisa mendetoksifikasi lambung kita," ucap Merlan.

Lomba juga dilakukan untuk memastikan seluruh ASN di daerah itu untuk tetap sehat dalam beraktivitas, berkinerja dan disiplin.

"Kegiatan akan dilakukan secara rutin, tetapi momen nya akan kita ubah, bukan hanya setahun sekali, jika bisa setiap selesai kegiatan olahraga ini bisa kita lakukan," ujar dia.

Ketua PKK Kabupaten Bone Bolango Marni Nisabu mengungkapkan, peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 22 peserta dan penilaian oleh tim juri yang dipimpin oleh Bupati Merlan S Uloli.

"Tadi penilaian akhirnya agak alot karena dari yang bagus pasti ada yang lebih bagus, dan dari yang terbaik pasti ada yang lebih terbaik," kata dia.

Marni yang juga menjabat sebagai Asisten III Setda Bone Bolango itu menguraikan kriteria penilaian lomba merangkai buah tersebut di antaranya kreativitas, kombinasi dan keselarasan buah, kesegaran buah, dan kebersihan.

Ia mengatakan dari hasil penilaian diperoleh 10 besar pemenang lomba di antaranya, terbaik I Puskesmas Suwawa Tengah, terbaik II RSUD Tombulilato, dan terbaik III Puskesmas Tilongkabila. Kemudian disusul Puskesmas Tombulilato, RSUD Toto Kabila, Puskesmas Bulango Selatan, Puskesmas Kabila, Puskesmas Bulango Timur, Puskesmas Tapa, dan Puskesmas Pinogu.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024